Berlomba dengan Sarung

Fashion March 11, 2012 0 1,621 views

Pemenang I  Shahnaz  Soraya

Sebanyak 8 finalis  Indonesia Fashion Entrepreneur Competition, Ready to Wear,  Ready to Go dengan tema ‘ Colorful Indonesia’  ,  satu per satu berdiri di dekat deretan rak  yang  memajang rancangan mereka untuk  lomba tersebut. Masih dalam rangka  ‘Indonesia Fashion Week ‘ ( IFW )  2012, lomba ini diselenggarakan untuk mencari bakat baru dalam hal desain dan entrepreneur atau wirausaha  di bidang mode.  Susan Budihardjo, ketua juri, pengajar dan pemilik Lembaga Tata Busana  Susan Budihardjo, bertanya pada salah seorang kontestan , ” Berapa harga yang kamu prediksi untuk  desain ini ?”  katanya sambil menunjuk salah satu desain. Memang, tidak hanya harga, presentasi dalam kesiapan menjual, semacam packaging saat produk mereka di beli , brosur atau kartu nama  sebagai  promosi ataupun label yang disertakan  bersama dengan rancangan yang ‘dijual’ menjadi penilaian juri.

Pemenang II  Ilham  Mulyadi

Lomba ini memang tidak saja mencari perancang yang mendesain dengan apik tetapi juga memilih mereka yang sudah siap untuk berbisnis. Satu hal lagi yang dipentingkan adalah mereka harus sanggup membuat desain yang memakai  salah satu ciri khas Indonesia, yakni sarung. Tentulah kita faham bahwa sarung menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat kita pada umumnya. Maka keterlibatan sarung Gajah Duduk  sebagai sponsor utama acara ini menjadi penting.

Ratusan peserta yang  mengikuti lomba ini dinilai oleh  oleh  Dewan  Juri yang terdiri dari Susan Budihardjo sebagai Ketua, Amy Wirabudi, Pemimpin Redaksi  majalah ‘ ‘In Style ‘  ,  M.N.  Retno Murti  Editorial Director fashionpromagazine.com , Wulan Tilaar, Direktur  Martha Tilaar Group dan Ahnaf Farid Direktur Marketing  Sarung Gajah Duduk.   Maka  terpilihlah  8 peserta yang harus mewujudkan 3  karya mereka  lengkap dengan penunjang sarana penjualan. Salah satu desain yang memakai bahan sarung ini dipamerkan di salah satu area selama IFW,  agar bisa ditonton oleh penunjung yang lalu lalang di sana.

Pemenang III  Natasha Dame Novita

Delapan finalis  potensial yang dinilai dewn juri itu  itu adalah  Eridani,   Indah Pramita,   Shahnaz Soraya, Natasha Dame Novita, Rianti Oktaviany Tantra , Yayak Suryo Baskara, Ilham Mulyadi dan Iwan Amir.  Bukan hal yang mudah  untuk memilih siapa yang berhak menjadi pemenang utama  yang akan diberangkatkan ke Hongkong untuk mengikuti Hongkong Fashion Week sebagai salah satu  hadiah disamping hadiah  uang untuk  pemanang kesatu, kedua, ketiga dan pemenang favorit. ini Ke depalan  finalis memiliki kelebihan dan  kekurangan masing-masing. Wawancara langsung tentang pemilihan bahan  dan cara presentasi dilakukan satu persatu di ruang penjurian. Para finalis cukup baik  dalam memberikan jawaban meskipun ada beberapa yang nampak belum siap dalam memahami bisnis penjualan.

Desain Pemenang  Favorit  Rianti Oktaviany Tantra

Dan setelah berunding dengan cermat  para juri akhirnya berhasil memilih nama-nama pemenang yang diumumkan pada peragaan busana rancangan para finalis di  Assembly Hall  dihadapan ratusan penonton. Tentu  bukan hanya hasil yang dipertontonkan saja yang dinilai karena beberapa faktor penting seperti kerapihan jahitan, daya jual dan kesiapan mempresentasikan rancangan sesuai kriteria yaitu unsur  wearability dari desain yang Ready to Wear, menjadi pertimbangan penting. Detik-detik nama finalis yang  masuk sebagai kategori pemenang  favorit, ke tiga, kedua dan ke satu diumumkan oleh Amy Wirabudi, selalu diikuti teriakan kemeriahan supporters mereka. Dan inilah nama-nama pemenang tersebut. Sebagai juara favorit : Rianti Oktaviany Tantra, juara  ke tiga Natasha Dame Novita,  juara kedua  Ilham Mulyadi, dan  pemenang utama akhirnya terpilih Shahnaz Soraya.

Tepuk tangan  penonton mengakhiri  acara tersebut tetapi tidak berakhir untuk sang pemenang yang harus  memulai memperlihatkan bahwa apa yang dipilih dewan juri dengan beberapa kriteria tersebut perlu diimplementasikan dalam bisnis nyata sebagai pelaku bisnis di bidang mode. Foto :  Rio

Seluruh finalis dan Dewan Juri

 

 

Leave A Response »