Ragam Produk Kerajinan

Fashion January 8, 2013 0 3,913 views

Kendati sering diadakan beragam pameran yang menampilkan batik, aneka kerajinan, wastra nusantara dan lain sebagainya, toh pameran Crafina tidak sepi pengunjung. Pameran yang diadakan secara rutin setahun sekali ini diselenggarakan oleh PT Mediatama Bina Kreasi dan ASEPHI. Semakin luasnya area pameran menandakan bahwa pebisnis di bidang ini semakin bertambah. Bila dalam penyelenggaraan pertama, area yang digunakan hanya ruang Cendrawasih, kini pameran ini diselenggarakan di Hall A dan Hall B di Jakarta Convention Center. Tentu saja ini juga menguntungkan bagi pengunjung karena bisa memilih aneka produk yang ditawarkan dengan harga yang bersaing. Banyak  produk cendera mata yang dibentuk dan di bagian dalamnya digambar seorang laik-laki dan perempuan yang berpakaian daerah. Produk yang berasal dari Bali ini diaplikasikan dalam berbagai bentuk seperti gantungan kunci, hiasan magnet, dan pajangan yang bisa dijadikan salah satu pilihan souvenir yang unik untuk perayaan tertentu.

Untuk mempromosikan produknya, pebisnis juga ditantang untuk ‘mendandani standnya’ agar menarik perhatian pengunjung untuk masuk melihat barang yang ditawarkan.  Promosi lain yang biasa mereka lakukan adalah melalui  situs jejaring sosial, sms, bbm dan lain sebagainya untuk menginformasikan  keberadaan stand mereka.
“Promosi yang cukup efektif dan tidak memerlukan biaya kalau sedang pameran yaitu dengan broadcast masage melalui BBM, What’s up, dan juga sms kalau perlu, tidak lupa juga di facebook dan twitter. Oh  iya, dengan menjadikannya status dalam profil juga cukup efektif, sehingga pelanggan bisa langsung tahu di mana keberadaan stand kita,” ujar Heri  Rusmiyati, pemilik stand Herviolet di pameran Crafina yang berlangsung tanggal 12—16 Desember 2012  ini.
Bisa dikatakan pameran Crafina ini menjadi gong penutup pameran kerajinan di akhir tahun 2012. Dea, foto; Rio

Leave A Response »