Jalan Jalan Pantura

Fashion July 9, 2016 0 538 views

 

Iin pemilik & chef Resto GORA Pantura

Iin pemilik & chef Resto GORA Pantura

Kalau disebut pantura ( Pantai Utara – Jawa_ )  tentu dikenal sebagai wilayah pantai utara Jawa yang menarik untuk ditelusuri  jalan-jalan sepanjang pantura tersebut. Tentu bukan menjelang hari-hari besar seperti Lebaran misalnya, Jalan di pantai utara Jawa ini memang jalur sibuk. Sesuai karakteristik wilayahnya , makanan yang disebut khas pantura  bisa ditemui di tempat ini.  Sepanjang pesisir pantai utara Jawa itu bisa dijumpai makanan-makanan tersebut. Khas bahannya,  umumnya  binatang   laut seperti  ikan , udang,  cumi-cumi dan khas cita rasanya dengan  sayur-sayuran seperti masakan rumah pada umumnya. Makanan pantura  didominasi rasa ringan, segar, asam pedas dan kurang manis dibandingkan makanan dari Jawa Tengah.  Kalau kita naik mobil sepanjang pantura  kita akan mudah menemui makanan atau masakan pantura di beberapa tempat.

Gora-1

Gora-3

Tetapi kali ini kita tidak perlu menuju pantura untuk mendapatkan masakan yang  khas pesisir utara Jawa itu. Di Yogya , ada suatu resto yang sangat  “pantura  banget”, kata anak-anak masa kini. Inilah Resto  GORA  yang dikomandani wanita yang sangat enerjetik, asal pantura,  dengan nama panggilan Iin.  Pemilik resto  ini memasak sendiri makanan untuk tamu-tamunya,  sehingga dari awal  ‘diumumkan’  bahwa  sebaiknya dilakukan reservasi untuk menghindari waktu tunggu yang lama.  Kelebihannya tentu pengunjung akan mendapat makanan segar, langsung dari dapur dan dibumbui sendiri oleh tangan yang empunya.  Istimewa kan? Apalagi setelah selesai Iin bisa  bersilaturahmi juga dengan  tamu-tamunya, menjelaskan makanan yang dihidangkan dengan cara unik antara lain diwadahi wajan mini.

Gora-7

Gora-6,jpg

Beberapa menu makanannya juga unik :  Urap Pari Kecombrang, Mangut Iwak Asep, Jangan Panturanan,  Trancam Dondong ,,,,hmmm…sudah terasa lezatnya. Makanan khas otentik Nusantara memang sangat dianjurkan  pakar kuliner William Wongso agar makanan asli Indonesia  lebih dikedepankan  untuk masyarakat luas termasuk masyarakat internasional. Kita harus bangga pada masakan negeri sendiri… RM .Foto RM

Leave A Response »