Flavors of Indonesia

Fashion June 5, 2017 0 86 views

 william-6                            William Wongso bersama Rafli Lindaryadi publisher BAB

william-7 william-4Indonesia kembali berjaya. Kali ini lewat buku  pakar kuliner, food expert William Wongso berjud.ul, Flavors of Indonesia , ‘ William Wongso Culinary Wonders’. Buku setebal 198 halaman yang diterbitkan oleh BAB Publisher ini mendapatkan Best Cookbook of the Year  dari ‘ Gourmand World Cookbook Awards ‘ yang diselenggarakan di Yantai, Cina, akhir  Mei lalu Flavors of Indonesia  mengalahkan buku-buku kuliner dari Amerika, Swedia, Israel, Jerman, Inggris Belgia dan Prancis.

Buku ini memang berisikan segala macam cita rasa di Indonesia lengkap dengan latar belakang budayanya. Ini bukanlah  buku masak, buku resep, kata William Wongso. Memang, dari isi buku ini, kita, bahkan  dunia diajak untuk mengenal dan melihat ragam kekayaan budaya kuliner kita. Buku ini diterbitkan dalam bahasa Inggris agar dunia mengenal betapa kayanya kekayaan kuliner kita dengan ragam rempah-rempah , berbagai bumbu  dan cita rasa masakan yang sangat luar biasa dari daerah-daerah yang ada di Indonesia. “I wanted to explore the mystery of the local culinary,” kata William seperti  ditulis oleh media berbahasa Inggris saat ditanya apa alasannya menulis buku ini.

william-8           Bersama Rafli dan Petty Eliot yang memenangkan penghargaan dalam kategori                                                            Street Food  lewat bukunya ‘Jakarta’s Bite.

william-2

William memang sangat terobsesi untuk membuat masakan Indonesia dikenal di dunia. Ia telah berkeliling ke banyak negara di berbagai penjuru dunia baik untuk mengetahui kuliner negara lain  sekaligus untuk memperkenalkan kuliner kita. Ia selalu langsung terjun ke lapangan. Itulah cara terbaik untuk mengenal sendiri berbagai cita rasa yang ada di suatu daerah. Ia juga melihat pasar sebagai tempat utama untuk melihat bahan-bahan setempat yang menghasilkan beragam  cita rasa suatu wilayah. Blusukan ke pasar pasar bukan hanya dilakukannya di dalam negeri tetapi  juga di luar negeri.

Hal yang menarik dari pribadinya,  ia sangat murah hati dalam berbagi ilmu. Ia membagikannya pada siapa saja yang berminat.Ia bisa mengajak mereka yang berminat ke suatu tempat yang dikenal dengan masakan khas suatu  daerah. Bahkan makan di restoran berbintang yang tentu tidak mudah harganya, Dan ia akan menjelaskan secara gamblang apa yang mereka dapatkan dan tatacara menikmatinya. Pengetahuannya tentang kuliner sangat luas tidak hanya terbatas pada kuliner negara sendiri tetapi juga negara luar. Semua didapatkannya dengan terjun sendiri ke berbagai tempat, Ia juga menemui chef chef dunia dan berdiskusi tentang masakan negara setempat.

Dalam penjelajahannya, ia semakin yakin bahwa Indonesia  adalah negara teramat kaya dalam ragam, cita rasa masakan berbagai daerah. Ia menggaris bawahi luas dan beragam suku yang ada di negara kita dan sekian macam cita rasa setempat yang membuat kuliner kita menjadi begitu kaya. Luar biasa,  katanya suatu waktu. Dengan seringnya ia berkeliling ke luar negeri dan pengetahuan serta pengalamannya ke hampir seluruh Nusantara, William tampil bak  food ambasador .Saat  menerima penghargaan lewat bukunya Flavors of Indonesia di Yantai,  sebagai Best book of the Year, semacam Oscar dalam dunia perfilman dunia, ia berucap, “Kuliner Indonesia, pemersatu NKRI…”  RM. foto dok. WW

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave A Response »