‘Ketemu’ Gus Dur di Omah Petroek

Fashion July 26, 2017 0 173 views

gus-Dur-1

Cukup kaget juga setelah beberapa kali mengunjungi Omah Petroek  di daerah Kali Urang, Yogya, baru kali itu saya melihat sosok Gus Dur duduk persis di beranda Mushola di sana. Setelah mendekat nampak patung Gus Dur yang nampak mirip sekali dengan  beliau. Ekspresi wajahnya, senyumnya, dan postur tubuhnya. Saya terkenang saat pernah berbincang dengan beliau dan kali itu saya mengenang lagi  masa- masa itu. Saya seolah kembali berbincang dengan tokoh ulama yang luar biasa, sosok yang penuh kharisma,sangat toleran,  penuh humor dan sangat religius.

gus-Dur--copy

Seorang teman langsung ikut sholat di mushola di belakang beranda Gus Dur itu dan saya sempatkan untuk  mengambil foto di belakang patung Gus Dur dari belakang dengan tulisan gaya Gus Dur yang tekenal ” Gitu aja kok repot…”

gus-dur-4

Omah Petroek adalah gagasan Romo Sindhunata  yang merupakan suatu  daerah sejuk di arah Kali Urang Yogya .  Petroek atau Petruk merupakan salah satu punakawan dalam dunia pewayangan. Dinamakan demikian kabarnya untuk memberi pemahaman bahwa ini adalah rumahnya  rakyat.  Didominasi rimbunnya pohon pohon Bambu di sebelah kali  Boyong , yang bila tertiup angin lembut  mendesirkan  suara bergemersik,  membuat  suasananya sungguh luar biasa menenangkan.  Inilah wilayah yang merupakan  ke- Bhinekaan sesungguhnya. Selain  Mushola, ada ruangan untuk bisa menyelenggarakan  Misa, atau doa bersama bagi umat Katolik dan Kristen, ada patung Budha tinggi besar dengan wajah damai, ada juga kelenteng  dengan  warna merahnya yang khas.  Bahkan juga ada juga patung  mereka yang sedang kenduren  (  kenduri) yang umum dilakukan adat Jawa khususnya bagi mereka yang memiliki  kepercayaan itu.

Bandingkan tinggi dan besarnya pohon pohon bambu ini dengan tubuh saya.

Bandingkan tinggi dan besarnya pohon pohon bambu ini dengan tubuh saya.

 

gus-dur-5

Inilah tempat untuk bisa dikunjungi siapa saja meskipun bukan tempat untuk menginap,  suatu pertanyaan yang sering  ditujukan  pada penyelenggara, ” boleh nginep gak di sini?” Sebenarnya boleh,  asal ada syaratnya. Yang diperbolehkan adalah sejumlah tertentu,  sekitar 30 orang karena idenya adalah untuk  menyediakan tempat bagi mereka yang hendak berdiskusi, meditasi atau aktivitas lainnya. Jadi  bukan untuk tempat menginap perorangan atau keluarga seperti tempat menginap pada umumnya.

Tempat ini  juga sudah sering  menjadi kunjungan  wisatawan mancanegara yang  juga pernah  memakainya sebagai tempat berdiskusi. Banyak tokoh tokoh kita  yang sudah   berkunjung ke sana. Termasuk  Yenny Wahid,  putri Gus Dur yang  patung  ayahnya ini sering membuat kaget mereka yang baru pertamakali berkunjung karena sangat mirip dengan aslinya.

Gus-Dur-10

Di tempat menenangkan serupa itu, inspirasi untuk menulis buku, puisi atau lagu rasanya mendapatkan  tempatnya yang pas.  Mau berkunjung ke Omah Petroek dan ‘bertemu’ Gus Dur?  (RM. foto  RM & Eci )

 

 

Leave A Response »