close
sld-11

Selendang merupakan bagian tak terpisahkan dari masyarakat Indonesia.  Lihat saja di beberapa kepulauan kita selendang umum dipakai sebagai  pelengkap kain kebaya/atasan bahkan juga elok dipadu dengan gaun modern. Bila awalnya selendang hanya dipakai pada upacara resmi atau upacara adat, kini selendang sudah menjadi bagian dari fashion masa kini. Ia bisa tampil sebagai pelengkap busana tetapi juga cantik dipakai sebagai scarf atau bahkan digunakan sebagai hijab.

Dan inilah yang dilirik oleh Ibu Edith Ratna , pecinta wastra Nusantara  sekaligus penyelenggara Pameran Adi Wastra Nusantara untuk dikembangkan sebagai bagian dari kegiatan Pameran Adiwastra Nusantara  dalam  bentuk lomba pembuatan selendang. Sejak tahun 2018 Lomba Selendang Indonesia sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari pameran tersebut.

Menggembirakan bahwa dari tahun ke tahun peserta lomba selendang ini semakin bertambah, tak hanya dalam jumlah tetapi juga dalam ragam kreativitas.  Bekerja sama dengan dengan Traditional Textile Arts  Society of South East Asia ( TTASSEA) yang diketuai oleh GKBRRAA Paku Alam,  lomba ini semakin  berkembang. Tak hanya selendang batik  dalam berbagai motif tradisional maupun modern, tetapi juga selendang  tenun dan selendang dengan hiasan Sulam tangan menjadi  bagian yang dilombakan.  Diharapkan lomba ini dapat membangkitkan kreativitas  para perajin, desainer dan pencinta  kain Nusantara dalam mengembangkan  selendang yang merupakan kekayaan budaya kita.

Tahun ini, panitia Adiwastra Nusantara  juga menyelenggarakan  Lomba Selendang Indonesia  dengan tema    Citra Puspa Indonesia. Lomba ini diselenggarakan dalam tiga kategori yaitu kategori Selendang  Tenun ( ATBM/gedogan) kategori Selendang Batik ( batik tulis/batik cap/kombinasi batik tulis dan cap)  serta kategori Selendang Jumputan/Sulaman/Bordir Tangan ( dikerjakan secara manual/kerajinan tangan).  Menggembirakan bahwa peserta tahun ini mencapai lebih dari 150 peserta.   Meski belum diumumkan siapa pemenang dari masing masing kategori, karya beberapa finalis bisa dilihat dalam beberapa sesi pemotretan ini. Tampil indah dan memberi harapan baru bagi semakin meluasnya karya  Selendang Indonesia  yang  menjadi  peluang baru bagi karya  cipta Nusantara tak hanya di dalam negeri tetapi juga meluas ke  manca Negara. (RM) Fpt0 

 

 

Tags : adiwastra NusantarabatikfashionIndonesiakainselendang

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.