close
GBJ-1

Panggung mini cantik yang ditata apik memberi aksentuasi indah pada  saat busana batik berwarna indigo berseliweran di atasnya. Keindahan biru indigo ini tidak saja merupakan warna yang memberi arti kedalaman makna intuisi dalam pengertian aura, tetapi secara nyata menghadirkan kecantikan  pewarna alam yang disebut Indigofera pada malam tanggal 9 Mei lalu.

Satu dekade kebangkitan indigofera  Indonesia ( 2008-2018)  merupakan gerakan kembali ke pewarna alam yang pada 10 tahun lalu bersamaan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional  diprakarsai Ibu Suliantoro Sulaiman dan Paguyuban Pencinta Batik Indonesia Sekar jagad.

Tahun ini hal itu  ditandai dengan pergelaran busana Galeri Batik Jawa ( GBJ) karya putri bungsu beliau, Nita Kenzo. Bertempat di Mustokoweni, gedung bersejarah yang merupakan  warisan budaya dengan kebun dan pepohonan rimbun dengan pohon kepel  menjadi kekhasan Mustokoweni.

Malam itu pergelaran yang diselenggarakan dengan sangat apik dan profesional menghadirkan beragam rancangan, dari rancangan  klasik, modern hingga rancangan untuk anak anak.  Dalam pergelaran ini diluncurkan juga brand baru GBJ yang disebut ‘Kembang kopi’ terinspirasi dari ide Bu Suliantoro saat membina pembatik di daerah Losari yang dipenuhi tanaman kopi. Bunga kopi mungil berwarna putih yang tampak cantik,  menggelitik Ibu Suliantoro untuk mengabadikannya  dalam bentuk motif batik. Nita Kenzo kemudian mengembangkan inspirasi awal ini dalam berbagai keindahan motif rancangan  busana GBJ.   Sungguh mengharukan ketika sang Ibu yang masih dalam rangka pemulihan sakit,  hadir pula dari atas balkon untuk melihat kegiatan ini.

Busana batik yang malam itu diperagakan kemudian dibawa dalam pergelaran ke luar negeri, Swedia dan Latvia pada 14 Mei lalu dalam ‘The Colours of Indonesia  “ From Nature to Fashion. Kehadiran busana dengan pewarna alam yang makin digiatkan di dalam maupun  di luar negeri memberi harapan bahwa batik Indonesia dengan pewarna alam ini akan semakin dihargai.  RM Foto.dok RM

 

 

Tags : batikfashionfeaturedhoteloindigoiferaIndonesiakainpewarna alamtekstil

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.