close
petruk-17

Petroek, salah satu panakawan dalam cerita wayang  menjadi nama sebuah tempat di kawasan Kaliurang. Ini adalah area  yang dipenuhi pohon  bambu ‘raksasa’ dan gemerisik daunnya yang tertiup angin menyegarkan suasana nyaman di tempat rindang itu.

Tempat yang luas ini terdiri dari beberapa bangunan  mencerminkan keragaman  budaya  dan  agama  seperti Mushola, kelenteng mini, tempat ibadat orang Kristen dan Katolik. Di sana sini dihadirkan  patung patung  yang memberi asosiasi pada sosok  atau lambang  tertentu seperti patung perempuan yang mempunyai 8 payudara, agaknya untuk melambangkan  kemampuan  perempuan  dalam  menunjang  kehidupan sejak awal. Tentu ini opini pribadi  karena saat itu tak ada yang memberi keterangan tentang arti patung tersebut.

Di depan Mushola, patung  Gus Dur yang sangat mirip dengan sosok sebenarnya, nampak  duduk di bangku dan sebuah  cangkir kaleng  diletakkan di sebelah patung tersebut. Ini adalah spot yang banyak dipakai pengunjung untuk berfoto di tempat itu.  Ekspresi patung tersebut seolah Gus Dur sedang menceritakan kisah kisah humor yang menjadi ciri khasnya.

Pengunjung memang bisa memakai tempat  itu untuk pertemuan atau acara kebersamaan lainnya  asalkan  terdiri dari minimum 30 orang. Berbagai rombongan dari beragam latar belakang , pernah memakai tempat ini.

Mereka  yang  ingin  tempat dan suasana yang sepi  dan  keteduhan rimbun pepohonan , Omah  Petruk bisa menjadi  pilihhan yang tepat.  Foto: RM

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.